Sunday, December 7, 2014

CARA MENGATUR CLOCK MIKROKONTROLER PADA SIMULASI ISIS (PROTEUS)


Assalamu’alaikum,, selamat datang sahabat Electronive!!

       Electronive kali ini akan membahas mengenai “Cara Mengatur Clock Mikrokontroler Pada Simulasi Isis (Proteus)” menggunakan crystal (X-tal). Bagi kalian yang hobi bermain peralatan elektronika pasti tak jauh-jauh menggunakan yang namanya “simulasi” agar percobaan kalian bisa dilihat keberhasilannya, karena kalau tidak pakai simulasi yaaa bisa berakibat merusak komponen itu sendiri. Dalam software simulator ISIS Proteus pasti sering ber-eksperimen menggunakan mikrokontroler namun clock internal yang disediakan biasanya hanya 1MHz dan menurut saya itu lumayan lambat. Nah saya akan memberi tahu caranya mengatur clock mikrokontroler menggunakan X-tal.

       Alat yang perlu dipersiapkan:
  1. Perangkat PC/ Laptop/Netbook dan pastikan perangkat tersebut menyala/ berfungsi.
  2. Software simulator ISIS Proteus yang sudah terinstal di perangkat anda.
Langkah-langkahnya yaitu:
          a. Buka software ISIS Proteus.
       b. Buat skematik rangkaian atau Open skematik rangkaian yang sudah jadi. Contoh menggunakan uC ATMega 32.


          c. Pastikan terdapat X-tal (clock eksternal) yang terhubung ke pin “X-tal1” dan “X-tal2” uC. Klik kanan edit properties, kemudian ketik frekuensi yang kita inginkan pada kolom “Frequency” kemudian klik OK. Contoh frekuensi yang diinginkan 12 MHz.


         d. Kemudian klik kanan uC edit properties, edit bagian “CKSEL Fuses” menjadi “ext. Crystal High Frequency” dan “Advanced Properties” menjadi 12 MHz, kemudian klik OK.


5          e. Jalankan simulasi rangkaian Anda. Lihat dan rasakan perbedaannya.

    Sekian tutorial “Cara Mengatur Clock Mikrokontroler Pada Simulasi Isis (Proteus)”, Semoga membantu sahabat Electronive semua dan sahabat Electronive dapat men-share ilmu sahabat.

     Tiada ilmu yang tak dapat dibagi, persembahkan yang terbaik untuk orang yang kalian sayangi, dan tetap semangat dalam meraih mimpi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment